Mengembangkan Kreasi Aneka Olahan Jamur Konsumsi

Aneka jenis jamur konsumsi ternyata bisa dikembangkan menjadi berbagai produk makanan olahan jamur yang memiliki cita rasa tinggi. Jika selama ini masyarakat hanya mengenal keripik  sebagai produk olahan jamur, maka bagi seorang Hermawan (42), jamur bisa dikreasi menjadi aneka olahan makanan yang lezat dan memiliki nilai jual. Mengenal jamur pada tahun 2008, Pak Wawan begitu beliau biasa disapa bersama dengan istrinya Rr. Dani Martanti (27) mulai aktif mencoba resep-resep yang bisa diolah dengan bahan baku jamur segar. Alhasil, bisnis abon sapi yang semula dijalani pria asli Bantul tersebut mulai ditinggalkan dan mencoba menggantinya menjadi keripik jamur tiram.

Produk yang pada awalnya hanya sebagai bahan coba-coba tersebut ternyata mendapat sambutan positif dari masyarakat. Apalagi, keripik jamur hasil kreasi Pak Wawan berbeda dari keripik jamur kebanyakan yang telah terlebih dahulu beredar di pasaran. “Sebenarnya keripik jamur sudah marak di pasaran kala itu, namun saya tidak ingin menjadi pengekor saja dengan menciptakan produk yang sama, kemudian kami mengkreasinya menjadi keripik jamur dengan bentuk dan rasa yang berbeda dengan nama Keripik Jamur Tiram Cariza,” jelas Pak Wawan kepada tim liputan bisnisUKM Sabtu (1/10).

bakso sup jamur tiram 200x150 Mengembangkan Kreasi Aneka Olahan Jamur Konsumsi

Namun, seiring makin derasnya permintaan, Pak Wawan saat itu mengalami kesulitan bahan baku jamur segar, terutama yang berasal dari sekitaran tempat tinggalnya di Ngrandu RT.27/14 Kaliagung, Sentolo, Kulonprogo (Perum Kaliagung Baru). Setelah mencari ke beberapa produsen jamur segar di Yogyakarta, akhirnya Pak Wawan menjalin kerjasama dengan Ibu Sri Lestari yang sudah dikenal lama sebagai produsen bibit dan jamur segar. “Setelah bertemu dengan Ibu Lestari, kami merasa dimudahkan dengan pengadaan bahan baku produksi, sehingga mulai saat itu kami menjadi partner bisnis (dengan Ibu Lestari) sampai sekarang,” jelasnya.

Baca Selengkapnya

One thought on “Mengembangkan Kreasi Aneka Olahan Jamur Konsumsi

  1. Pingback: symptoms of low vitamin d

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s