Memulai Usaha Jamur (Start a Mushroom Business)

Bisnis Jamur , Jual Jamur , Budidaya Jamur , Ternak Jamur Putih , Budidaya Jamur pdf , Jamur Tiram , Ternak Jamur Tiram , Usaha Jamur

Indonesia merupakan daerah yang memiliki potensi sangat besar untuk bidang usaha jamur. Dengan lahan yang luas, iklim yang mendukung, serta sumber daya alam yang baik, maka Indonesia adalah tempat yang sangat strategis
untuk budidaya jamur, baik itu budidaya jamur tiram, budidaya jamur kuping, budidaya jamur tiram putih, ataupun budidaya jamur jenis lainnya. Karena beragamnya jenis jamur yang dapat dibudidayakan di Indonesia, maka pelaku bisnis jamur ini juga bermacam macam, ada yang menekuni bisnis jamur tiram, bisnis jamur kuping, bisnis jamur tiram putih dan jenis jamur lain sebagainya.

Selain menjual hasil jamur mentah beserta olahannya, ada sejumlah pengusaha yang menjual berbagai jenis bibit jamur, antara lain bibit jamur tiram, bibit jamur kuping dan juga bibit tiram putih. Ada banyaknya pengusaha yang menyediakan bibit jamur sekaligus segala kelengkapan untuk berternak jamur ini semakin membuka peluang bagi semua orang yang ingin menjajaki bisnis jamur ini. Tinggal pilih, mau membuat ternak jamur kuping, ternak jamur tiram, ternak jamur putih, ataupun ternak jamur jenis lainnya.

Saat ini, kebutuhan akan jamur di Indonesia sudah semakin meningkat, sehingga membuka peluang yang besar bagi semua kalangan untuk memulai bisnis jamur. Saat ini pelaku usaha jamur di Indonesia sudah menjual jamur mereka di dalam negeri, namun sebagian besar yang lain menjual jamur tiram putih, menjual jamur kuping, menjual jamur tiram dan berbagai jenis jamur lain ke luar negeri (eksport).

Adapun nilai gizi jamur tiram putih menurut Cahyana dkk (1999) adalah sebagai berikut : protein (27 %),  lemak (1,6 %), karbohidrat (58 %), serat (11,5 %), abu (0,3 %), dan kalori (265) kalori. Sementara untuk jamur tiram, kandungan nilai gizinya kurang lebih sama dengan kandungan gizi yang ada pada jamur tiram putih.

Budidaya jamur tiram dengan sistem susun tidak memerlukan tempat yang luas, karena satu kubung jamur tiram dengan ukuran 21 m2 saja dapat berisi 600 botol plastik jamur (log) yang mampu menghasilkan 300-350 kg jamur tiram dengan harga jual Rp7 000,00 – Rp8 000,00 / kg.

Budidaya jamur tiram dapat dilakukan dalam skala kecil untuk industri rumah tangga, atau sebagai usaha sampingan keluarga yang nantinya mampu memberikan tambahan pendapatan keluarga ataupun diusahakan oleh kelompok PKK dan karang taruna atau bahkan dapat diusahakan dalam skala besar yang mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Maka dari itu pelatihan budidaya jamur tiram di pedesaan  akan memberikan prospek yang bagus dan dapat meningkatkan pendapatan keluarga, karena jamur tiram masih banyak diperlukan, sementara pengusaha  jumlahnya masih sedikit.

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi kami :
Aris 085235010760 / 085735950554

https://ternakjamur.wordpress.com/
https://twitter.com/ternakjamur

http://www.facebook.com/TernakJamur

One thought on “Memulai Usaha Jamur (Start a Mushroom Business)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s